Pupuk Kaltim, Jakarta: Marching Band Bontang Pupuk Kaltim (MB Bontang PKT), ternyata tiada duanya di Indonesia. ‘Raja’ Grand Prix Marching Band (GPMB) sebanyak sembilan kali berturut-turut ini, ternyata tak berhenti sampai di situ. Baru-baru ini, grup Marching Band (MB) asal asal Bontang dan didukung penuh oleh Pupuk Kaltim, itu merengkuh prestasi yang luar biasa, merebut juara umum yang ke-10. Rasanya belum ada kelompok MB lain di Tanah Air yang mampu menyamai raihan prestasi MB Bontang PKT tersebut.

“Saya bangga dengan keberhasilan MB BONTANG PKT,” ujar Direktur Utama Pupuk Kaltim Aas Asikin Idat, dalam SMS-ke pelatih utama MB BONTANG PKT ReneConway, jelang tanding (24/12) di Jakarta. Sebelumnya, Aas Asikin Idat saat melepas MB Bontang PKT di Stadion Mulawarman Sabtu (17/12) lalu, juga serasa tak bisa menyembunyikan rasa bangganya. Seolah yakin, MB BONTANG PKT pasti menang. Di pihak lain, Wawali Isro Umarghani juga menyambut positif keikutsertaan MB Bontang PKT pada Grand Prix Marching Band XXVII di Jakarta. Ia mengharapkan, dengan ikut event seperti ini dapat dijadikan barometer untuk lebih meningkatkan kualitas MB Bontang PKT dan berharap menjadi MB yang solid dan diperhitungkan di kancah dunia.

Ada beberapa band yang bisa bersaing di lima besar, seperti MB BONTANG PKT, Korps Putri Tarakanita, MB Udayana, MB UGM, Jember Marching Band, MB Bahana Cendana Kartika Riau. Bahkan, empat kompetitor yang disebut terakhir memberikan persaingan kuat terhadap MB Bontang PKT. MB Bhina Caraka dengan konsep original marchingnya ternyata juga mampu bersaing dengan band yang mengusung Marching Show.

Untuk Peringkat menengah terdapat MB CDB UNY, MB UII, MB Istiqlal, MB Sangkakala Kutai dan DC UMY. Ada pula beberapa band yang baru ikut GPMB meski harus banyak belajar bermain di arena GPMB agar mampu membuat konsep bermainnya.

Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Alfian Malarangeng, Deputi Menteri BUMN Bidang Restrukturisasi, A Pandu Djajanto, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar, Direktur Utama Pupuk Kaltim, Direktur Komersil Pupuk Kaltim, Suldja Hartono, Direktur SDM & Umum Pupuk Kaltim, Jusri Minansyah berkenan foto bersama MB Bontang PKT yang keluar sebagai Juara Umum GPMB XXVII di Istora Senayan, Sabtu (24/12). MB Bontang PKT meraih gelar Juara Umum setelah memenangkan 9 kategori dari 12 kategori yang dipertandingkan, termasuk diantaranya Best Percussion, Best Music dan Best General Effect. Gelar ini merupakan gelar juara ke-10 bagi MB BONTANG PKT pada ajang ini.

Selain mengoleksi segudang prestasi ditingkat nasional, MB BONTANG PKT juga tampil bersinar di luar negeri. Terbukti, ada dua penghargaan internasional yang telah berhasil diraih anak-anak didik Rene Conway tersebut, yakni Sudler Shield Award Tahun 1998 dan Band of the Year 2001 dari World Association of Marching Show Band (WAMSB) di Kanada.

MB Bontang PKT mengikuti Kuala Lumpur World Marching Band Competition di Kuala Lumpur Malaysia dan meriah peringkat tiga. Suatu prestasi yang membanggakan untuk bertanding di luar negeri dan berhasil pula meraih First Runner Up dan Best Percussion Line KLWMBC pada Tahun 2010.

Sumber: www.pupukkaltim.com